MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING
MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 PEKALONGAN

By Dian Pramukti Wijaya, S.Pd. 03 Feb 2022, 09:19:39 WIB Publikasi

ABSTRAK

Dian Pramukti Wijaya. 2022. Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Pekalongan. PTK, Guru Produktif Teknik Komputer dan Jaringan, SMK Negeri 2 Pekalongan.

Penggunaan model pembelajaran ceramah pada mata pelajaran perakitan komputer mengakibatkan siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata skor tingkat keaktifan siswa mencapai ≥75% dan persentase ketuntasan klasikal siswa di kelas mencapai ≥75%.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari persentase ketuntasan siswa secara klasikal dari pra siklus yang hanya sebesar 22% meningkat menjadi 63% pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II mencapai 88%, sedangkan persentase hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 67% kemudian naik pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) mata pelajaran perakitan komputer kompetensi dasar memahami prosedur bongkar pasang komputer dan menyajikan hasil bongkar pasang komputer.

Kata kunci : Keaktifan, Hasil Belajar, Creative Problem Solving, Perakitan Komputer

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya serta telah memberi kekuatan, kesabaran serta kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaikan Penelitian ini dengan baik dan lancar.

Penyusunan Penelitian ini penulis memperoleh bantuan baik yang berupa dorongan maupun bimbingan dari pihak lain, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Dra. Sukowati, M.Si, Kepala SMK Negeri 2 Pekalongan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan penelitian.
  2. Para Wakil Kepala Sekolah di lingkungan SMK Negeri 2 Pekalongan yang telah menfasilitasi Pelaksanaan Penelitian ini.
  3. Para Ketua Kompetensi Keahlian dilingkungan SMK Negeri 2 Pekalongan atas segala bantuan dan partisipasinya dalam pelaksanaan penelitian ini
  4. Bapak/ Ibu Guru SMK Negeri 2 Pekalongan yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Penelitian ini.
  5. Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Pekalongan atas keikutsertaan sebagai sampel penelitian.
  6. Keluarga tercinta atas segala support, motivasi dan kasih sayangnya sehingga mempercepat penyelesaian penelitian ini.
  7. Rekan – rekan di Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Pekalongan yang telah membantu dari awal hingga penyelesaian Penelitian ini.
  8. Semua pihak yang membantu hingga selesainya Penelitian ini.

Semoga bantuan yang telah diberikan dengan ikhlas tersebut mendapat imbalan dari Allah SWT. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan Penelitian ini masih jauh dari sempurna, maka kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Semoga Penelitian ini berguna bagi pembaca umumnya dan penyusun pada khususnya.

 

Pekalongan, Januari 2022

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL............................................................................................. i

PERNYATAAN KEASLIAN................................................................................. ii

PERSETUJUAN PEMBIMBING........................................................................ iii

PENGESAHAN ................................................................................................. iv

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ........................................................................ v

ABSTRAK ......................................................................................................... vi

KATA PENGANTAR .......................................................................................... vii

DAFTAR ISI ....................................................................................................... ix

DAFTAR TABEL ................................................................................................ xi

DAFTAR GAMBAR ........................................................................................... xii

DAFTAR LAMPIRAN ........................................................................................ xiv

 

BAB I PENDAHULUAN ................................................................................... 1

1.1 Latar Belakang ........................................................................................... 1

1.2 Identifikasi Masalah .................................................................................... 4

1.3 Batasan Masalah ........................................................................................ 4

1.4 Rumusan Masalah ...................................................................................... 5

1.5 Tujuan Penelitian......................................................................................... 5

1.6 Manfaat Penelitian....................................................................................... 6

1.7 Penegasan Istilah ....................................................................................... 7

 

BAB II KAJIAN PUSTAKA .............................................................................. 9

2.1 Proses Belajar Mengajar............................................................................. 9

2.2 Prinsip – prinsip Belajar ............................................................................ 11

2.3 Faktor – faktor yang Mempengaruhi Belajar ............................................. 13

2.4 Model Pembelajaran ................................................................................. 17

2.5 Model Pembelajaran Creative Problem Solving ....................................... 18

2.6 Keaktifan Belajar........................................................................................ 22

2.7 Hasil Belajar .............................................................................................. 24

2.8 Mata Pelajaran Perakitan Komputer.......................................................... 26

2.9 Penelitian yang Relevan ........................................................................... 36

2.10 Kerangka Berpikir ................................................................................... 38

2.11 Hipotesis ................................................................................................. 40

 

BAB III METODE PENELITIAN ..................................................................... 41

3.1 Tempat dan Waktu Penelitian ................................................................... 41

3.2 Subjek Penelitian ...................................................................................... 41

3.3 Jenis dan Rancangan Penelitian .............................................................. 41

3.4 Teknik Pengumpulan Data ........................................................................ 47

3.5 Uji Instrumen............................................................................................. 49

3.6 Teknik Analisis Data ................................................................................. 54

3.7 Indikator Keberhasilan ............................................................................. 56

 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN..................................... 57

4.1 Hasil Penelitian........................................................................................ 57

4.2 Pembahasan ........................................................................................... 67

 

BAB V PENUTUP......................................................................................... 77

5.1 Kesimpulan.............................................................................................. 77

5.2 Saran ...................................................................................................... 78

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................... 79

LAMPIRAN ................................................................................................... 81

 

 

DAFTAR TABEL

Halaman

 

Tabel 3.1 Pelaksanaan Siklus I dan II ................................................................... 43

Tabel 3.2 Indeks Kesukaran Soal .......................................................................... 52

Tabel 3.3 Kriteria Daya Beda Soal ........................................................................ 53

Tabel 3.4 Kriteria keaktifan belajar siswa............................................................... 55

Tabel 3.5 Indikator Keberhasilan Proses dan Hasil Belajar Siswa ........................ 56

Tabel 4.1 Hasil Nilai Pre Test Siswa ...................................................................... 58

Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Pengamatan Kekatifan Siswa Siklus I ...................... 59

Tabel 4.3 Hasil Nilai Post Test Siswa Siklus I ....................................................... 59

Tabel 4.4 Hasil Nilai Praktik Siswa Siklus I............................................................ 60

Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa Siklus II...................... 61

Tabel 4.6 Hasil Nilai Post Test Siklus II.................................................................. 61

Tabel 4.7 Hasil Nilai Praktik Siswa Siklus II ........................................................... 62

Tabel 4.8 Perbandingan Tingkat Keaktifan Siswa Siklus I dan Siklus II ................. 63

Tabel 4.9 Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pra siklus, Siklus I, dan Siklus II....... 64

Tabel 4.10 Perbandingan Nilai Praktik Siswa Siklus I dan Siklus II ........................ 66

Tabel 4.11 Kriteria Tingkat Keaktifan Siswa ........................................................... 69

 

DAFTAR GAMBAR

 

Halaman

Gambar 2.1 Tringulasi Kegiatan Evaluasi ............................................................ 26

Gambar 2.2 Alat Perakitan Komputer................................................................... 27

Gambar 2.3 Melepas Kabel Konektor Switch ...................................................... 28

Gambar 2.4 Melepas Konektor Kabel Power Supply ........................................... 28

Gambar 2.5 Melepas Konektor IDE pada Drive ................................................... 29

Gambar 2.6 Melepas Drive ................................................................................... 29

Gambar 2.7 Melepas LAN Card ........................................................................... 29

Gambar 2.8 Melepas Memoy Card ....................................................................... 30

Gambar 2.9 Melepas Motherboard ...................................................................... 30

Gambar 2.10 Melepas Heatsink ........................................................................... 30

Gambar 2.11 Melepas Processor ......................................................................... 30

Gambar 2.12 Melepas Power Supply................................................................... 31

Gambar 2.13 Memasang Power Supply............................................................... 31

Gambar 2.14 Memasang Processor ..................................................................... 32

Gambar 2.15 Memasang Heatsink ....................................................................... 32

Gambar 2.16 Memasang Motherboard ................................................................ 32

Gambar 2.17 Memasang RAM ............................................................................. 33

Gambar 2.18 Memasang Lan Card ...................................................................... 33

Gambar 2.19 Memasang Drive ............................................................................ 33

Gambar 2.20 Memasang Kabel IDE pada Drive .................................................. 34

Gambar 2.21 Memasang Konektor Kabel Power Supply pada Drive .................. 34

Gambar 2.22 Memasang Konektor Kabel Switch................................................. 35

Gambar 2.23 Memasang Casing CPU ................................................................. 35

Gambar 2.24 Kerangka Berpikir ........................................................................... 40

Gambar 3.1 Siklus Penelitian Tindakan Kelas...................................................... 42

Gambar 4.1 Grafik Perbandingan Tingkat Keaktifan Siswa per Aspek

Siklus I dan Siklus II ............................................................................................. 63

Gambar 4.2 Grafik Perbandingan Rata-rata Keaktifan Siswa

Siklus I dan Siklus II ............................................................................................. 64

Gambar 4.3 Grafik Perbandingan Ketuntasan Secara Klasikal Siswa

Pra siklus, Siklus I, dan Siklus II .......................................................................... 65

Gambar 4.4 Grafik Perbandingan Ketuntasan Secara Klasikal Nilai Praktik

Siswa Siklus I dan Siklus II .................................................................................. 66

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Halaman

 

Lampiran 1. Daftar Nama Responden Instrumen ............................................... 81

Lampiran 2. Daftar Nama Siswa Kelas X Tkj 2 ................................................... 82

Lampiran 3. Analisis Uji Coba Soal Pre Test ....................................................... 83

Lampiran 4. Kisi-kisi Soal Pre Test ...................................................................... 91

Lampiran 5. Soal Pre Test ................................................................................... 93

Lampiran 6. Kunci Jawaban Soal Pre Test .......................................................... 97

Lampiran 7. Data Hasil Pre Test Siswa ................................................................ 98

Lampiran 8. Silabus Mata Pelajaran Perkitan Komputer ...................................... 99

Lampiran 9. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I................................. 101

Lampiran 10. Jobsheet Perakitan Komputer Siklus I.......................................... 111

Lampiran 11. Kisi-kisi Soal Post Test I ............................................................... 114

Lampiran 12. Soal Post Test I ............................................................................ 116

Lampiran 13. Kunci Jawaban Soal Post Test Siklus I ........................................ 120

Lampiran 14. Data hasil Post Test Siklus I ......................................................... 121

Lampiran 15. Lembar Pengamatan Keaktifan Siswa .......................................... 122

Lampiran 16. Hasil Pengamatan Keaktifan Belajar Siswa Siklus I ...................... 123

Lampiran 17. Rekapitulasi Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa Siklus I ............. 124

Lampiran 18. Hasil Nilai Praktik Siswa Siklus I ................................................... 125

Lampiran 19. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II .............................. 126

Lampiran 20. Jobsheet Perakitan Komputer Siklus II .......................................... 136

Lampiran 21. Analisis Uji Coba Soal Post Test II ................................................. 138

Lampiran 22. Kisi-kisi Soal Post Test II ............................................................. 146

Lampiran 23. Soal Post Test II............................................................................ 147

Lampiran 24. Kunci Jawaban Soal Post Test Siklus II ....................................... 152

Lampiran 25. Data Hasil Post Test Siklus II........................................................ 154

Lampiran 26. Hasil Pengamatan Keaktifan Belajar Siswa Siklus II..................... 155

Lampiran 27. Rekapitulasi Hasil Pengamatan Keaktifan Siswa Siklus II ............ 155

Lampiran 28. Hasil Nilai Praktik Siswa Siklus II .................................................. 156

Lampiran 29. Surat Keputusan Dosen Pembimbing ........................................... 157

Lampiran 30. Surat Keputusan Dosen Penguji ................................................... 158

Lampiran 31. Surat Izin Penelitian dari Fakultas ................................................. 159

Lampiran 32. Surat Keterangan Selesai Penelitian ............................................. 160

Lampiran 33. Dokumentasi Penelitian .................................................................. 161

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pendidikan merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam kehidupan setiap individu, yang mempengaruhi perkembangan fisiknya, daya jiwanya (akal, rasa, dan kehendak), sosialnya dan moralitasnya (Siswoyo, 2008: 17). Dalam arti yang lebih sempit, pendidikan adalah seluruh kegiatan yang direncanakan dengan materi yang terorganisasi, dilaksanakan secara terjadwal dalam sistem pengawasan dan diberikan evaluasi berdasarkan pada tujuan yang telah ditentukan.

Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan utama dalam keseluruhan proses pendidikan di dalam kelas. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada kualitas pelaksanaan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar di dalam sekolah sangat dipengaruhi oleh kegiatan atau cara dan metode yang digunakan oleh guru. Metode pendidikan adalah cara-cara yang dipakai oleh guru atau sekelompok orang untuk membimbing anak atau peserta didik sesuai dengan perkembangannya ke arah tujuan yang hendak dicapai (Siswoyo,

2008: 133).

Dalam proses belajar mengajar di sekolah banyak hambatan yang sering muncul baik dari pihak siswa maupun pihak guru sebagai pendidik terkait dengan model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 2 Pekalongan adalah pembelajaran tersebut masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang relatif mudah dan sederhana untuk diterapkan. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran pada mata pelajaran perakitan komputer siswa cenderung pasif, seperti kurangnya keinginan siswa untuk bertanya, siswa masih merasa kurang percaya diri dalam melakukan praktik, siswa belum berani saat disuruh presentasi di depan kelas untuk memaparkan hasil praktik, kurangnya komunikasi dengan guru maupun teman, sehingga hasil belajar siswa rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata UAS pada semester 1 sebesar 54,95. Dari 32 siswa hanya 15 atau 46,87% siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dalam menyelesaikan masalah tersebut, perlu diterapkan strategi pembelajaran yang inovatif yaitu salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving.

Menurut Pepkin (dalam Kusumaningrum, 2009: 5), model pembelajaran Creative Problem Solving adalah suatu metode pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan ketrampilan memecahkan masalah, yang diikuti dengan penguatan ketrampilan. Kelebihan dari model pembelajaran Creative Problem Solving adalah

(1) mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, (2) dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, (3) melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah, (4) menumbuhkan kerjasama dan interaksi antar siswa.

Beberapa penelitian tentang model pembelajaran Creative Problem Solving diantaranya yaitu penelitian yang dilakukan oleh Restika Maulidina Hartantia (2013) “Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI.IA2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2016/2018 , menunjukan bahwa model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kemudian penelitian yang dilakukan M. Arifin Siregar (2013) “Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IS 1 SMA Swasta Al-Maksum Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011 ”, menunjukan bahwa model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving maka siswa akan lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, dapat meningkatkan ingatan yang lebih kepada siswa mengenai materi pembelajaran yang telah disampaikan, siswa lebih memahami isi materi yang diajarkan karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis berkeinginan untuk mengadakan penelitian dengan judul “Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X TKJ SMK Negeri 2 Pekalongan”.

 

1.2 Identifikasi Masalah

Dari latar belakang permasalahan di atas, ditemukan beberapa permasalahan yaitu :

1. Siswa belum mampu menerima pelajaran dengan baik

2. Rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran

3. Model dan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran yang masih kurang bervariasi (ceramah).

4. Hasil belajar siswa yang rendah, hal ini dilihat dari nilai UAS yang masih dibawah KKM.

5. Model pembelajaran Creative Problem Solving diduga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara optimal.

1.3 Batasan Masalah

Agar permasalahan dalam penelitian ini menjadi jelas dan tidak menyimpang dari tujuan yang telah ditetapkan maka peneliti membatasi masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving pada mata pelajaran perakitan komputer kompetensi dasar memahami prosedur bongkar pasang komputer dan menyajikan hasil bongkar pasang komputer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Pekalongan.

1.4 Rumusan Masalah

Perumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 SMK Negeri 2 Pekalongan ?

2. Apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 SMK Negeri 2 Pekalongan?

1.5 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :

1. Mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 SMK Negeri 2 Pekalongan.

2. Mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X TKJ 2 SMK Negeri 2 Pekalongan.

1.6 Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik teoritis maupun praktis bagi guru, siswa, peneliti, dan semua pihak yang terkait dengan dunia pendidikan, adapun manfaatnya adalah :

1. Manfaat teoritis

Memberikan sumbangan positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam rangka mensukseskan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, serta dapat bermanfaat sebagai bahan kajian atau informasi bagi yang membutuhkan.

2. Manfaat praktis

a. Bagi sekolah :

Sebagai bahan sebagai masukan, dan referensi model pembelajaran.

b. Bagi siswa

Dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer.

c. Bagi peneliti

Sarana menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman sehingga menjadi bekal dikemudian hari yang kelak dapat diterapkan dalam praktik yang sesungguhnya.

1.7 Penegasan Istilah

Untuk menghindari salah pengertian dalam pemakaian istilah-istilah yang berkaitan dengan judul Penelitian ini, maka perlu adanya penegasan istilah istilah yang digunakan. Adapun istilah-istilah yang perlu diberi ketegasan adalah :

1. Creative Problem solving

Metode pemecahan masalah merupakan metode pengajaran yang digunakan guru untuk mendorong siswa mencari dan menemukan serta memecahkan persoalan-persoalan dengan cara yang ilmiah (Suwarna, 2005 : 114).

Metode pemecahan masalah (Problem Solving) merupakan cara memberikan pengertian dengan menstimulasi anak didik untuk memperhatikan, menelaah dan berpikir tentang suatu masalah untuk selanjutnya menganalisis masalah tersebut sebagai upaya memecahkan masalah (Majid, 2009: 142).

2. Meningkatkan keaktifan siswa

Dalam kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan adanya aktivitas siswa, tanpa adanya aktivitas maka proses belajar tidak akan berjalan dengan baik.

Aktivitas belajar banyak macamnya, menurut Paul D. Dierich (dalam Agaeni, 2014: 17) aktivitas belajar dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Visual activities(keaktifan melihati) misalnya: membaca, memperlihatkan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.
  2. Oral activities(keaktifan langsung) seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya, memberikan saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi.
  3. Listening activities(keaktifan mendengarkan) sebagai contoh mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
  4. Writing activities(keaktifan menulis) seperti: menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin.
  5. Drawing activities(keaktifan menggambar) misalnya: menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
  6. Motor activities(keaktifan motorik) misalnya: melakukan percobaan, membuat kontruksi, model mereparasi, bermain, berkebun, beternak.
  7. Mental activities (keaktifan mental) misalnya: menganggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan, mengambil keputusan.

3. Meningkatkan hasil belajar

Meningkatkan hasil belajar yang dimaksud adalah usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai tes kognitif pada akhir pembelajaran, dalam hal ini mata pelajaran kompetensi perakitan komputer didapat setelah siswa mendapat perlakuan yaitu berupa penerapan model pembelajaran Crative Problem Solving.

 

4. Kompetensi perakitan komputer

Kompetensi sering disebut sebagai standar kompetensi yang dapat dijabarkan menjadi sejumlah kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh lulusan (Suwarna, dkk, 2005: 195).

Dalam hal ini kompetensi dasar perakitan komputer dengan indikator yang harus dikuasai oleh siswa diantaranya prosedur bongkar pasang komputer dan pengujian hasil perakitan yang terdapat pada kurikulum sekolah menengah kejuruan program keahlian teknik jaringan dan komputer.

 

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

2.1 Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang bertujuan. Tujuan tersebut adalah adanya perubahan tingkah laku yang dimiliki siswa setelah menyelesaikan pengalaman belajarnya. Menurut Slameto (2010: 2) bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Anni dan Rifa’i (2012: 66) juga mengemukakan bahwa belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku setiap orang dan belajar itu mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan oleh seseorang. Menurut Majid (2009: 225), belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti bahan yang dipelajari, instrumen, lingkungan, dan kondisi individu yang belajar.

Ciri-ciri belajar adalah belajar harus dilakukan dengan sadar dan memiliki tujuan, harus merupakan pengalaman sendiri dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain, harus merupakan interaksi antara individu dan lingkungan. Individu aktif bila dihadapkan pada lingkungan tertentu. Keaktifan ini dapat terwujud apabila penerapan metode pembelajaran tepat sesuai dengan karakteristik materi yang akan diajarkan dan fasilitas belajar siswa di sekolah mendukung, seperti buku-buku pelajaran, media pembelajaran, dan gedung sekolah. Belajar harus mengakibatkan terjadinya perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada diri seseorang yang belajar.

Proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar tetap hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pengajaran (Sudjana dan Rivai, 2007: 1).

Menurut Suwarna, dkk. (2005: 65) Mengajar adalah penggunaan secara integratif sejumlah ketrampilan untuk menyampaikan pesan. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud dilandasi oleh seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu wawasan, sedangkan aplikasinya dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar, komponen yang dimaksudkan adalah tujuan yang ingin dicapai, pesan yang ingin disampaikan, subjek didik, fasilitas, dan lingkungan belajar.

Dari beberapa penjelasan tentang proses belajar mengajar, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar memperoleh berbagai pengetahuan, keterampilan, nilai dan norma sebagai pengendali sikap dan perilaku peserta didik tersebut. Proses belajar mengajar juga memerlukan perencanaan seperti bahan pengajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, dan alat bantu mengajar serta penilaian atau evaluasi.

2.2 Prinsip – prinsip Belajar

Prinsip – prinsip belajar adalah hal – hal yang sangat penting yang menjadi landasan dalam suatu proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Menurut Hamdani (2011: 22), prinsip – prinsip belajar adalah sebagai berikut :

1. Kesiapan belajar

Kesiapan belajar siswa baik fisik maupun psikis sangat mempengeruhi kegiatan belajarnya. Siswa yang sudah siap fisik maupun psikis dalam mengikuti proses pembelajaran cenderung akan memperoleh hasil belajar yang lebih optimal.

2. Perhatian

Perhatian merupakan salah satu prinsip yang ada dalam proses belajar dan pembelajaran. Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila bahan pelajarannya menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Motivasi

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri sendiri untuk melakukan hal tertentu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa.

4. Keaktifan siswa

Siswa adalah subjek yang melakukan kegiatan belajar, oleh karena itu dalam kegiatan belajar siswa harus lebih aktif dibandingkan guru.

Guru harus mampu untuk memancing keatifan siswa dalam kegaitan pembelajaran.

5. Mengalami sendiri

Proses belajar yang dialami sendiri oleh siswa akan menghasilkan pemahaman yang lebih mengenai hal yang dipelajarinya.

6. Pengulangan

Dengan memberi latihan dan pengulangan maka siswa akan lebih mudah mengingat dan memahami materi.

7. Materi pelajaran yang menantang

Materi yang didalamnya terdapat sebuah permasalahan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya suatu permasalahan maka siswa akan tertarik dan tertantang untuk menyelesaikan masalah tersebut.

8. Balikan dan penguatan

Dengan balikan maka siswa akan mengetahui kemampuannya dalam menyelesaikan suatu hal. Penguatan adalah tindakan yang diberikan oleh guru terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.

9. Perbedaan individual

Karakteristik siswa yang berbeda – beda menyebabkan perbedaan kemampuan dan minat belajar dalam suatu kelas. Perbedaan ini memerlukan perhatian khusus dari guru agar perkembangan siswa tetap berjalan sesuai dengan kemampuannya masing – masing.

2.3 Faktor – faktor yang Mempengaruhi Belajar

Menurut Slameto (2010: 54), hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor – faktor tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

A. Faktor Intern

Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar, faktor intern terdiri dari beberapa faktor, diantaranya yaitu :

1. Faktor jasmaniah

Dalam faktor jasmaniah ini ada dua faktor yang sangat mempengaruhi proses belajar siswa yaitu faktor kesehatan dan cacat tubuh. Proses belajar sesorang akan terganggu apabila orang tersebut mengalami gangguan kesehatan dan gangguan fisik tubuh atau cacat.

2. Faktor psikologis

Ada beberapa faktor yang termasuk ke dalam faktor psikologis yang mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor – faktor tersebut adalah sebagai berikut :

a) Intelegensi

Intelegensi besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar siswa. Intelegensi adalah kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan dengan situasi yang baru dengan cepat dan efektif.

b) Perhatian

Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, siswa harus mempunyai perhatian terhadapa bahan yang dipelajarinya.

c) Minat

Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan, kegiatan yang diminati seseorang diperhatikan secara terus – menerus dan disertai rasa senang.

d) Bakat

Bakat adalah kemampuan siswa untuk belajar. Kemampuan baru akan tercapai menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih.

e) Motif

Dalam proses belajar haruslah diperhatikan penyebab atau motif yang membuat siswa dapat belajar dengan baik dan mampu mencapai tujuan belajar yang optimal.

f) Kematangan

Kematangan adalah suatu tingkat atau fase dalam pertumbuhan seseorang dimana organ – oragan tubuhnya siap untuk melaksanakan kecakapan baru. Siswa yang sudah matang maka akan mudah mencapai kecakapan dalam proses belajar.

g) Kesiapan

Kesiapan adalah kesediaan untuk memberi response atau beraksi. Kesediaan itu timbul dari dalam diri seseorang dan juga berhubungan dengan kematangan. Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar karena apabila siswa sudah mempunyai kesiapan maka hasil belajarnya akan lebih baik.

3. Faktor kelelahan

Kelelahan pada seseorang dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kelelahan jasmani dan kelelahan rohani (besifat psikis). Kelelahan jasmani terlihat dengan lemahnya tubuh dan timbul kecenderungan untuk beristirahat, sedangkan kelelahan rohani dapat dilihat dengan adanya kebosanan dan kelesuan sehingga minat dan dorongan untuk belajar berkurang.

B. Faktor Ekstern

Faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu yang sedang belajar. Faktor ekstern ini terdiri dari :

1. Faktor keluarga

Keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi setiap individu. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting bagi pendidikan anak, suasana keluarga yang harmonis, dan cara orang tua mendidik anak – anaknya sangat berpengaruh terhadap proses belajar anak.

2. Faktor sekolah

Faktor sekolah merupakan salah satu faktor ekstern yang mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor sekolah ini mencakup beberapa faktor diantaranya yaitu :

a) Metode mengajar

Metode mengajar adalah suatu cara atau teknis yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa selama proses pembelajaran. Penggunaan metode mengajar yang monoton membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang optimal.

b) Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga pendidikan kepada siswa. Penyusunan kurikulum ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa.

c) Relasi guru dengan siswa

Proses belajar mengajar terjadi antar guru dan siswa. Interaksi antara guru dan siswa sangat mempengaruhi kegiatan belajar di dalam kelas. Guru yang kurang beriteraksi dengan siswa secara akrab menyebabkan proses belajar mengajar itu kurang lancar.

3. Faktor masyarakat

Masyarakat merupakan faktor ekstern yang mempengaruhi proses belajar siswa. Dalam masyarakat ada banyak hal yang dapat mempengaruhi proses belajar siswa seperti media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarkat, dll.

2.4 Model Pembelajaran

Model merupakan suatu rancangan yang dibuat khusus dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis untuk diterapkan dalam suatu kegiatan. Selain itu model juga sering disebut dengan desain yang dirancang sedemikian rupa untuk kemudian diterapkan dan dilaksanakan. Menurut Mills (dalam Suprijono, 2013: 45), bahwa model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu.

Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Pada hakikatnya mengajar merupakan upaya guru dalam menciptakan situasi belajar, model pembelajaran yang digunakan oleh guru harus mampu menumbuhkan berbagai kegiatan belajar siswa sehubungan dengan kegiatan belajar megajar. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu bentuk atau pola yang digunakan sebagai pedoman oleh seorang guru dalam merencanakan, mengorganisasi, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas sebagai upaya untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

2.5 Model Pembelajaran Creative Problem Solving

Menurut Pepkin (dalam Kusumaningrum, 2009: 5), model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu metode pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan ketrampilan memecahkan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan.

Menurut Munandar (dalam Kusumaningrum, 2009: 15), Creative Problem Solving (CPS) meliputi dua konsep, yaitu: 1). CPS merupakan suatu program training yang didisain untuk meningkatkan perilaku kreatif,

2). CPS merupakan suatu cara sistematik dalam mengorganisasikan dan memproses informasi dan gagasan agar dapat memahami dan memecahkan masalah secara kreatif sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat. Dengan tujuan umum yaitu meningkatkan perilaku kreatif dan kemampuan memecahkan masalah-maslah berpikir.

Tahapan Creative Problem Soolving menurut Osborn – Parners

adalah: 1). Objective finding, 2). Temukan fakta-fakta (fact finding), 3). Tentukan masalah (problem finding) 4). Pikirkan macam-macam alternatif (idea finding) 5). Mengambil keputusan (solution finding) 6). Menentukan tindakan (acceptand finding).

Implementasi dari model pembelajaran Creative Problem Solving terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tahap Awal

Guru menanyakan kesiapan siswa selama pelajaran berlangsung, guru mengulas kembali materi sebelumnya mengenai materi yang dijadikan sebagai prasyarat pada materi saat ini kemudian guru menjelaskan aturan main ketika model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berlangsung serta guru memberi motivasi kepada siswa akan pentingnya materi melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).

2. Tahap Inti

Siswa membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi. Tiap kelompok terdiri atas 4 – 5 siswa yang dibentuk oleh guru dan bersifat permanen. Tiap kelompok mendapatkan bahan ajar siswa untuk dibahas bersama. Secara berkelompok siswa memecahkan permasalahan yang terdapat dalam bahan ajar siswa sesuai dengan petunjuk yang tersedia di dalamnya. Siswa mendapat bimbingan dan arahan dari guru dalam memecahkan masalah. Peranan guru dalam hal ini adalah menciptakan situasi yang dapat memudahkan munculnya pertanyaan dan mengarahkan kegiatan brainstorming dalam rangka menjawab pertanyaan atas dasar interest siswa. Penekanan dalam pendampingan siswa dalam menyelesaikan permasalahan adalah sebagai berikut:

a. Klasifikasi masalah

Klasifikasi masalah meliputi pemberian penjelasan kepada siswa tentang masalah yang diajukan agar siswa dapat memahami tentang penyelesaian seperti apa yang diharapkan.

b. Brainstorming

Pada tahap ini siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapat tentang berbagai macam strategi penyelesaian masalah, tidak ada sanggahan dalam mengungkapkan ide gagasan satu sama lain. Tujuannya adalah untuk membangkitkan banyak ide-ide. Siswa menggali dan mengungkapkan pendapat sebanyak-banyaknya berkaitan dengan strategi pemecahan masalah yang dihadapi.

c. Evaluasi dan seleksi

Setelah diperoleh daftar gagasan-gagasan, siswa bersama guru dan teman lainnya mengevaluasi dan menyeleksi berbagai gagasan tentang strategi pemecahan masalah, sehingga pada akhirnya diperoleh suatu strategi yang optimal dan tepat.

d. Implementasi

Pada tahap ini siswa menentukan strategi mana yang dapat di ambil untuk menyelesaikan masalah kemudian menerapkan penyelesaian dari masalah tersebut. Lebih lanjut perwakilan salah satu siswa dari kelompoknya mempresentasikan hasil yang telah didiskusikan di kelompoknya ke depan kelas dengan menggunakan strategi sesuai dengan kreatifitasnya untuk menyampaikan gagasannya dan mendapatkan saran dan kritik dari pihak lain sehingga diperoleh solusi yang optimal berkaitan dengan pemecahan masalah. Kemudian guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran.

3. Tahap Penutup

Sebagai pemantapan materi, secara individu siswa mengerjakan soal tes dan memberikan poin bagi siswa yang mampu memecahkannya sebagai upaya memotivasi siswa mengerjakan soal-soal dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving cocok digunakan dalam peningkatan kemampuan memecahkan masalah karena dalam model pembelajaran ini pengalaman sebelumnya dalam menyelesaikan suatu masalah merupakan faktor yang penting dalam menyelesaikan masalah baru yang berbeda, disamping faktor minat siswa.

Setiap model maupun metode pembelajaran tetap mempunyai kelebihan maupun kelemahan, begitu juga dengan model Creative Problem Solving (CPS). Kelebihan dan kelemahan model Creative Problem Solving (CPS) adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan

a. Siswa dapat berpartipasi aktif selama proses pembelajaran

b. Dapat menanamkan rasa sikap ingin tahu

c. Melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah

d. Menumbuhkan kerjasama dan interaksi antar siswa

2. Kelemahan

a. Selama pembelajaran berlangsung waktu yang tersita lebih lama

b. Beberapa pokokbahasan sangat sulit untuk menerapkan model pembelajaran ini. Misalnya: keterbatasan alat-alat laboratorium menyulitkan siswa untuk melihat dan mengamati serta menyimpulkan kejadian atau konsep tersebut.

2.6 Keaktifan Belajar

Keaktifan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan seseorang baik yang terjadi secara fisik maupun non fisik. Menurut Rohani (2010: 8) aktivitas fisik ialah peserta didik giat aktif dengan anggota badan, membuat sesuatu, bermain ataupun bekerja, tidak hanya duduk, mendengarkan, dan melihat. Sedangkan aktivitas kejiwaan (psikis) ialah aktivitas yang dilakukan peserta didik dengan daya jiwanya dalam rangka pengajaran. Keaktifan yang ditekankan disini adalah adanya keaktifan pada peserta didik pada proses pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran akan menciptakan proses belajar yang aktif.

Belajar aktif adalah suatu proses belajar mengajar yang menekankan keaktifan peserta didik baik secara mental, intelektual, emosional, untuk mencapai hasil belajar yang berupa gabungan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Belajar aktif sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika peserta didik pasif atau cenderung hanya menerima pelajaran dan pengetahuan hanya dari guru maka peserta didik akan cenderung cepat melupakan materi pelajaran tersebut, peserta didik mudah bosan dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik kurang maksimal.

Menurut Paul D. Dierich (dalam Rohani, 2010: 10) aktivitas belajar siswa dapat digolongkan sebagai berikut :

h. Visual activities (keaktifan melihati) misalnya: membaca, memperlihatkan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.

i. Oral activities (keaktifan langsung) seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya, memberikan saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, interupsi.

j. Listening activities (keaktifan mendengarkan) sebagai contoh mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.

k. Writing activities (keaktifan menulis) seperti: menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyali

l. Drawing activities (keaktifan menggambar) misalnya: menggambar, membuat grafik, peta, diagram.

m. Motor activities (keaktifan motorik) misalnya: melakukan percobaan, membuat kontruksi, model mereparasi, bermain, berkebun, beternak.

n. Mental activities (keaktifan mental) misalnya: menganggap, mengingat, memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan, mengambil keputusan.

Proses pembelajaran di dalam kelas merupakan kegiatan mentransformasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dalam kegiatan pembelajaran siswa dituntut aktif karena siswa merupakan subjek yang melakukan kegiatan belajar sedangkan guru lebih banyak membimbing dan mengarahkan.

Menurut Sudjana (2013: 61) keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dapat dilihat dalalm hal :

  1. . Turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya
  2. Terlibat dalam pemecahan masalah

c. Bertanya kepada siswa lain atau kepada guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapinya

d. Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah

  1. . Melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru
  2. . Menilai kemampuan dirinya da hasil-hasil yang diperolehnya
  3. . Melatih diri dalam memecahkan soal atau masalah yang sejenis

h. Kesempatan menggunakan atau menerapakan apa yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadapinya.

Menurut Rohani (2010: 11) untuk meningkatkan keaktifan peserta didik, guru perlu melakukan hal – hal sebagai berikut :

  1. Mengajukan pertanyaan dan membimbing diskusi peserta didik
  2. Memberikan tugas – tugas untuk memecahkan masalah, menganalisis, dan mengambil keputusan.
  3. Menyelenggarakan berbagai percobaam dengan menyimpulkan keterangan, dan memberikan pendapat.

 

 

2.7 Hasil Belajar

Kegiatan pembelajaran pastinya akan menghasilkan suatu tujuan, untuk mengetahui berhasil atau tidaknya peserta didik dalam pembelajaran diperlukan adanya pelaksanaan penilaian yang berupa hasil proses pembelajaran itu sendiri.

Hasil belajar secara garis besar menjadi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Hasil belajar ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari 6 aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sitesis, dan evaluasi. Kedua aspek pertama disebut aspek kognitif tingkat rendah dan keempat aspek berikutnya termasuk kognitif tingkat tinggi.

Hasil belajar ranah afektif berkenaan dengan sikap yang terdiri dari 5 aspek, yakni penerimaan, jawaban atau reaksi, penilaian, organisasi, dan internalisasi. Hasil belajar ranah psikomotorik berkenaan dengan hasil belajar ketrampilan dan kemampuan bertindak. Ada 6 aspek ranah psikomotorik, yaitu gerakan reflek, ketrampilan gerak dasar, kemampuan perseptual, keharmonisan atau ketetapan, gerakan ketrampilan kompleks, dan gerakan ekspresif dan interpretative.

Menurut (Arikunto, 2012: 38), ada satu prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi, yaitu adanya tringulasi atau hubungan erat tiga komponen, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran atau KBM, dan evaluasi. Tringulasi tersebut dapat digambarkan dalam bagan sebagai berikut:

 

Tujuan

 

 

 

 

 

KBM Evaluasi

 

Gambar 2.1. Tringulasi Kegiatan Evaluasi

  1. aluasi atau penilaian merupakan bagian yang penting setelah pembelajaran, dalam hal ini evaluasi digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa setelah menerima pembelajaran. Evaluasi harus dilakukan secara kontinu agar guru memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang keadaan siswa. aluasi juga harus dilakukan secara luas yang mencakup seluruh materi.

 

2.8 Mata Pelajaran Perakitan Komputer

Mata pelajaran perakitan komputer merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada siswa Teknik Komputer dan Jaringan. Mata pelajaran perakitan komputer ini menuntut sikap profesional dan memiliki keahlian dalam dunia komputer. Dalam mata pelajaran perakitan komputer siswa dituntut untuk menguasai beberapa kompetensi salah satunya yaitu kompetensi prosedur bongkar pasang komputer dan pengujiannya. Kompetensi tersebut mengajarkan kepada siswa secara menyeluruh dan detail tentang aspek kognitif (pemahaman), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan), sehingga dengan kompetensi tersebut diharapkan siswa dapat lebih mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya.

Pada kompetensi ini siswa diajarkan bagaimana melakukan proses bongkar pasang komputer yang benar dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tahapan di dalam praktik pembongkaran dan perakitan komputer adalah :

  1. Persiapan

Sebelum melakukan pembongkaran komputer, kami melakukan pengamatan terhadap komponen-komponen yang ada di dalam komputer serta menghafalkan letak dari komponen tersebut satu per satu, dan kami juga mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan pembongkaran dan perakitan komputer, seperti : obeng (+/-), tang pemotong, tang cucut, gelang anti statis, dll.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.2 Alat Perakitan Komputer

 

 

  1. Pembongkaran

Pembongkaran terdiri dari beberapa proses, yaitu :

a. Memutuskan atau melepas kabel-kabel yang dihubungkan ke arus listrik

b. Melepaskan konektor kabel keyboard, mouse, monitor pada casing CPU

c. Membuka casing CPU

d. Melepaskan kabel konektor dari switch di panel depan casing dan LED (reset, power, HDD LED, dll)

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.3 Melepas Kabel Konektor Switch

 

e. Melepaskan konektor kabel power supply pada drive dan pada motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.4 Melepas Konektor Kabel Power Supply

 

 

 

 

f. Melepaskan konektor kabel IDE pada drive dan motherboard

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.5 Melepas Konektor IDE pada Drive

g. Melepaskan drive, seperti : harddisk, CD-ROM

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.6 Melepas Drive

h. Melepaskan card adapter (LAN card)

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. ambar 2.7 Melepas LAN Card i. Melepaskan memory card

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.8 Melepas Memoy Card

  1. j. epaskan motherboard dari casing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.9 Melepas Motherboard

  1. Melepaskan Heatsink dari motherboard

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.10 Melepas Heatsink

 

 

  1. Melepaskan processor dari motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.11 Melepas Processor

m. Melepaskan power supply dari casing

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.12 Melepas Power Supply

 

  1. Perakitan

 

Setelah pembongkaran selesai, langkah selanjutnya yaitu perakitan. Pada proses perakitan, kita harus memperhatikan keselamatan kerja seperti dilarang merakit dalam kondisi berkeringat, hindari memegang atau menyentuh langsung kaki prossesor, power suply dimatikan terlebih dahulu, pemakaian alat pelindung diri,Perakitan komputer terdiri dari beberapa proses, yaitu :

 

 

 

 

a. Memasang power supply casing

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.13 Memasang Power Supply

b. Memasang processor di motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.14 Memasang Processor

c. Memasang Heatsink di motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.15 Memasang Heatsink

 

 

d. Memasang motherboard pada casing

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.16 Memasang Motherboard

 

e. Memasang RAM

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.17 Memasang RAM

 

f. Memasang Lan Card

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.18 Memasang Lan Card

 

 

 

g. Memasang drive (harddisk dan CD-ROM)

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.19 Memasang Drive

h. Memasang konektor kabel IDE pada drive dan pada motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.20 Memasang Kabel IDE pada Drive

i. Memasang konektor kabel power supply pada drive dan motherboard

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.21 Memasang Konektor Kabel Power Supply pada Drive

 

 

 

j. Memasang kabel konektor dari switch di panel depan casing dan LED

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.22 Memasang Konektor Kabel Switch

k. Memasang casing CPU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.23 Memasang Casing CPU

l. Memasang konektor kabel keyboard, mouse, dan monitor m. Memasang kabel kabel yang dihubungkan ke arus listrik

  1. Pengujiian

Tahap proses pengujian terdiri dari :

  1. . Menyalakan power CPU dan monitor
  2. Masuk dalam BIOS
  3. . Memeriksa pendeteksian BIOS terhadap hardware
  4. Mensetting tanggal dan waktu

 

  1. Penanganan masalah

Tahap proses penganganan masalah tersiri dari

  1. . Menemukan dan melihat masalah
  2. Mengatasi masalah tsb
  3. . Mengulang pemasangan kabel kabel konektor teramasuk kabel IDE
  4. Mengulang pemasangan memory card
  5. . Mengulang pemasangan kabel konektor dari switch di panel depan casing dan LED (reset, power, HDD LED ,dll)

 

2.9 Penelitian yang Relevan

Beberapa penelitian terdahulu yang relevan dan berkaitan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan rujukan dalam penelitian ini.

Penelitian Restika Maulidina Hartantia yang berjudul “Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI.IA2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa : (1) model pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, yaitu berdasarkan lembar observasi meningkat dari 56,33% pada siklus I menjadi 72,65% pada siklus II dan berdasarkan angket meningkat dari 58,4% pada siklus I menjadi 74,14% pada siklus II. (2) model pembelajaran CPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hasil belajar kognitif meningkat dari 62,86% pada siklus I menjadi 85,71% pada siklus II dan hasil belajar afektif meningkat dari 66,38% pada siklus I menjadi 71,67% pada siklus II.

Penelitian Laras Estu Saputri dan A. A. Sujadi yang berjudul “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Creative Problem Solving Siswa Kelas XI-IPA1 SMA Negeri 1 Imogiri”. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika.

Hal ini ditunjukan dengan adanya persentase keaktifan pra siklus sebesar 42,85% dengan kriteria sedang meningkat pada siklus I menjadi 61,90% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 85,71% dengan kriteria sangat tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan siswa yang memenuhi KKM sebesar 48% atau 12 siswa kemudian meningkat menjadi 76% atau 19 siswa pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 96% atau 24 siswa dari jumlah total 25 siswa. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga terjadi pada rata-rata nilai pemahaman konsep awal 66 meningkat menjadi 76,04 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,96 pada siklus II.

Berdasarkan analisis penelitian yang sudah dilakukan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model CPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer.

 

2.10 Kerangka Berpikir

Mata pelajaran Perakitan Komputer adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang sedang, tetapi apabila guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi, maka akan terasa sulit untuk diterima oleh siswa. Berdasarkan observasi, penyampaian materi pada proses belajar mengajar di SMK Negeri 2 Pekalongan masih menggunakan model pembelajaran ceramah hal ini menyebabkan pembelajaran kurang menarik, siswa sulit memahami materi yang disampaikan, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini dilihat dari hasil UAS siswa yang menunjukan bahwa dari 32 siswa hanya 15 atau 46,87% siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimun).

Permasalahan di atas disebabkan oleh guru yang kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang akan diajarkan sehingga hasil belajar rendah. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving.

Model pembelajaran Creative Problem Solving merupakan suatu metode pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan memecahkan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Ketika dihadapkan dengan suatu pertanyaan dan permasalahan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya.

 

Kelebihan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving yaitu siswa dapat berpartipasi aktif selama proses pembelajaran, dapat menanamkan rasa sikap ingin tahu siswa, melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah, menumbuhkan kerjasama dan interaksi antar siswa. Hasil akhir yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment